Nisfu Sa’ban


Sebentar lagi kita seluruh umat Islam akan menjalani ibadah puasa. Namun ada suatu malam sebelum datangnya bulan Ramadhan yang sangat dinantikan, yakni Malam Nisfu Sa’ban
Kalau kata guru ngaji saya waktu dulu bilang, malam Nisfu Sa’ban adalah malam yang penuh ampunan & malam digantinya buku catatan amal kita selama setahun dengan catatan yang baru oleh Malaikat.
Berikut adalah hadits riwayat nab tentang malam nisfu sya’ban :
Suatu malam rasulullah salat, kemudian beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Rasulullah telah diambil, karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Setelah Rasulullah usai salat beliau berkata: “Hai A’isyah engkau tidak dapat bagian?”. Lalu aku menjawab: “Tidak ya Rasulullah, aku hanya berfikiran yang tidak-tidak (menyangka Rasulullah telah tiada) karena engkau bersujud begitu lama”. Lalu beliau bertanya: “Tahukah engkau, malam apa sekarang ini”. “Rasulullah yang lebih tahu”, jawabku. “Malam ini adalah malam nisfu Sya’ban, Allah mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang mereka yang meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang-orang yang dengki” (H.R. Baihaqi).
Oleh karena itu marilah kita sama-sama menyambut datangnya bulan suci Ramadahan nanti dengan penuh suka cita dan keimanan, dan luangkan sedikit kesibukan pada malam Sa’ban hanya untuk beribadah & memohon ampun atas segala dosa-dosa kita.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s