Kenali Diri Sendiri


Biasakan mencari penyelesaian dalam setiap masalah diawali dari diri sendiri.

Apa yang harus kita kenali? Ada dua hal yang harus kita kenali, yaitu kelebihan dan kekurangan.

Sering kita mendengar bahwa musuh terbesar dan paling sulit ditaklukan adalah diri sendiri. Itu tentu bukan sebuah omong kosong karena kita akan lebih mudah roboh jika kita tidak mengenal diri kita sendiri. Mengenali diri sendiri memang lebih sulit dilakukan karena membutuhkan sebuah “cermin”. Tidak seperti saat kita melihat orang lain yang kita langsung bisa mengatakan berbagai hal tentang orang tersebut. Saat melihat ke “cermin”, ada orang yang mau mengakui bahwa itu adalah bayangannya, tapi juga banyak yang menyangkalnya. Membutuhkan kesabaran dan kebesaran hati dalam mengenali diri sendiri, karena ini bukan suatu proses instan.

Ada banyak cara untuk mengenali diri.

Yang pertama adalah dengan introspeksi diri dengan melakukan evaluasi diri sendiri. Menulis “Who Am I” adalah salah satu caranya. Melalui cara ini kita dapat mengenal diri dari kacamata kita sendiri.

Cara yang kedua adalah dengan mencari referensi dan membandingkannya dengan kita. Bisa dengan membaca tulisan-tulisan tentang intrapersonal skill atau dengan membandingkan dengan orang lain. Cari orang lain sebagai perbandingan. Kita bandingkan diri kita dengan orang-orang tersebut seperti apa posisi kita. Apakah kita lebih dermawan, lebih cerdas, atau justru lebih malas? Cara ketiga adalah dengan bertanya kepada orang lain tentang seperti apakah diri kita. Orang ini bisa orang dekat kita atau juga bisa profesional.

Ada banyak manfaat saat kita berhasil mengenali diri:

1. Kita menjadi orang yang lebih kuat karena tahu betul di mana kekuatan dan kelemahan kita. Saat kita tahu kedua hal tersebut, kita akan lebih waspada agar jangan sampai kelemahan kita menjadi gangguan saat hendak mencapai tujuan dan memanfaatkan kekuatan dengan lebih maksimal.

2. Tidak mudah jatuh saat menghadapi kesulitan. Saat kita ingin mencapai sesuatu dan kita mengalami hambatan, baik berupa situasi ataupun orang yang tidak suka, kita bisa lebih mudah mengatasinya.

3. Menjadi lebih bijaksana dalam bersikap dan bertindak karena kita benar-benar tahu apa yang kita inginkan dan kita lakukan.

dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat dari mengenal diri sendiri.

Anda siap untuk mengenal diri anda?

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2171925-sudah-kenali-diri-anda/#ixzz1RzgkKThQ

dan sedikit tambahan

1 Comment

  1. Reblogged this on bdipatrateknik.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s