Buncis Yang Bikin Langsing


Jakarta – Buncis memang terlihat sepele. Harganya murah dan mudah didapat. Paling sering jadi pelengkap lalapan atau dijadikan tumisan atau orak-arik. Padahal si kecil hijau yang langsing ini kecuali renyah, manis juga bagus untuk berdiet. Yuk, makan buncis!

Buncis disebut juga boontjes dalam bahasa Belanda dan phaseolus vulgaris dalam bahasa Latin. Merupakan sejenis polong polongan yang dapat dimakan dan diolah sebagai sayuran. Ternyata, tanaman satu ini baik dikonsumsi bagi yang sedang berdiet.

Buncis merupakan jenis polong yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pokok kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunjang dan sisi yang panjang. Buncis ini ternyata memiliki manfaat yang besar dan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk diet.

Kandungan folat-nya mudah diserap oleh tubuh karena adanya beberapa asam amino yang terdapat pada kacang-kacangan ini. Disamping itu buncis juga mengandung kalium, kalsium, vitamin A dan betakarotein yang dapat memperkuat tulang. Ternyata buncis juga memliliki kandungan lemak yang rendah. Baik bagi mereka yang sedang berdiet lemak.

Makan buncis tak perlu risau dengan kelebihan kalori. Sebab buncis mengandung kalori yang rendah, 35 kalori tiap 120 g buncis. Buncis dapat disajikan panas atau dingin sebagai pelengkap lauk. Bisa juga dipadu dengan jamur, tomat, wortel dan aneka sayuran lainnya.

Jika ingin mendapatkan rasa buncis yang manis renyah, pilihlah buncis yang muda dan segar. Didihkan air secukupnya, bubuhi sedikit garam. Rebus buncis sebentar hingga layu. Angkat segera dan siram dengan air matang dingin lalu tiriskan. Buncis yang hijau cantik, renyah enak, siap dijadikan campuran salad atau lalapan.

Buncis juga enak dibuat campuran tumisan, sup, orak-arik atau dipanggang dengan taburan keju. Sekarang, tak ada alasan buat menolak si hijau langsing ini dari menu harian Anda!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s