10 Makanan Lezat Buat yang Diabetes


Siapa bilang penderita diabetes tidak bisa makan apapun? Ada jenis-jenis makanan tertentu yang tetap bisa disantap tanpa takut gula darah akan melonjak naik. Apa saja makanan itu, temukan jawabannya di sini!

Jika Anda menderita penyakit gula darah atau yang lebih dikenal dengan istilah diabetes, kadang sulit sekali menemukan makanan apa yang bisa disantap. Takut kalau kandungan gula makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Ada beberapa jenis makanan yang tetap aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes, tanpa harus tersiksa dengan rasanya. Berikut ini adalah 10 ‘super food’ untuk mereka yang memiliki masalah dengan diabetes:

1. Sayuran
Semua jenis sayuran memiliki kalori yang rendah, dan kaya akan serat. Karena seratnya yang tinggi, membuat perut Anda terasa lebih cepat penuh sehingga mengurangi konsumsi nasi yang kandungan gulanya cukup tinggi. Jika Anda merasa kurang kenyang karena terbiasa nasi, Anda bisa menggantinya sayuran bertepung, seperti kentang ataupun jagung.

2. Buah-buahan
Buah-buahan memiliki banyak kelebihan sama dengan sayuran. Mayoritas buah mengandung serat dan rendah lemak serta rendah kalori dibandingkan makanan lain. Buah-buahan mengandung gula alami yang tidak akan membuat gula darah melonjak naik. Namun ada beberapa jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu semua jenis berry. Selain karena rasanya yang tidak terlalu manis, jenis berry-berry ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

3. Biji-bijian
Biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang polong tidak hanya sebagai sumber serat yang membuat Anda merasakan kenyang lebih lama, tapi kacang-kacangan juga  membantu kadar gula dalam darah tetap dalam keadaan normal.

4. Sereal
Menu sarapan sehat dan juga enak adalah sereal atau oatmeal. Mengandung serat yang tinggi dan menjadi sumber energi untuk mengawali hari. Mengkonsumsi sereal tidak hanya baik untuk penderita diabetes tapi baik juga untuk ksehatan jantung Anda.

5. Ikan
Ikan merupakan sumber protein dan mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 ini baik untuk kesehatan jantung, dan menghindarkan dari kolesterol jahat. Dan biasanya penderita diabetes memiliki kadar HDL, ‘kolesterol baik’ dalam jumlah yang sedikit.

6. Dada Ayam
Dada ayam, adalah bagian yang kadang sering ditinggalakan orang. Padahal dada ayam adalah bagian yang paling bebas lemak dibandingkan bagian lainnya. Sehingga tidak meningkatkan lemak jenuh dalam tubuh.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacang selain sumber protein juga sumber lemak nabati yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak ini bahkan telah terbukti membantu mengurangi resistensi insulin dan membuat gula darah lebih mudah untuk dikontrol. Kacang-kacangan juga salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang melindungi sel-sel mata dan juga sarat serat dan magnesium, yang keduanya dapat membantu mengatur gula darah Anda.

8. Olive Oil
Olive oil dipercaya sejak dulu sangat baik untuk jantung. Kandungan lemaknya membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan telah terbukti membantu menjaga kadar gula darah stabil dengan mengurangi resistensi insulin.

9. Yoghurt
Yoghurt kaya akan protein dan juga kalsium. Selain menjaga berat badan lebih stabil, yoghurt juga menyeimbagnkan kadar insulin dalam tubuh.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s