9 KEPRIBADIAN


1. Perfeksionis

Realistis, penuh pertimbangan dan memegang prinsip. Mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal yang tinggi. Memendam kemarahan sebagai suatu kelemahan dan mencoba meredamnya. Mereka mengikuti standar perilaku dengan ketat dan/atau berusaha agar dunia menjadi lebih baik.
lanjut klik


Keunggulan : memegang etika, bisa diandalkan, produktif, bijaksana, idealis, adil, jujur, teratur, dan disiplin diri.

Kejelekan : menghakimi, tidak luwes, dogmatis, obsesif-kompulsif, suka mengkritik orang lain, terlalu serius, menguasai, gelisah, dan iri.

Cara bergaul dengan saya : Lakukan yang menjadi tanggung jawabmu sehingga saya tidak harus melakukan seluruh pekerjaan. Akui prestasi saya. Saya keras terhadap diri sendiri. Yakinkan kembali bahwa saya baik-baik saja. Ucapkan bahwa kamu menghargai saran saya. Adil dan penuh perhatianlah, seperti saya. Mintalah maaf jika kamu ceroboh. Itu akan membantu saya untuk memaafkan. Dengan lembut, bujuklah saya untuk rileks dan menertawakan diri sendiri jika saya tegang, tapi dengarlah dulu kecemasan saya.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Dendam
Pikiran: Kesempurnaan
Ketakutan: Menjadi buruk, cacat
Hasrat: Menjadi baik, memiliki integritas, menjadi seimbang
Godaan: Menjadi suka mengkritik, bersifat munafik
Sifat buruk/nafsu: Marah
Sifat baik: Ketenangan
Stress/Disintegration point: Four (Angry, critical Ones suddenly become moody and irrational like Fours
Security/Integration point: Seven (Objective, principled Ones become more spontaneous and joyful like healthy Sevens

2. Penolong

Hangat, peduli, mengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain. Tertarik pada orang dan pengasuhan. Mereka ingin menunjukkan suatu citra penyayang.
Keunggulan : mengasihi, memerhatikan, bisa beradaptasi, berwawasan, murah hati, antusias, dan dapat menangkap apa yang orang lain rasakan.
Kejelekan : seperti martir, tidak terus terang, manipulatif, posesif, histeris, terlalu terpengaruh orang lain, dan terlalu membuka diri.
Cara bergaul dengan saya : Katakanlah bahwa kamu menghargai saya. Katakan dengan jelas. Berbagi kegembiraanlah dengan saya. Cobalah untuk memerhatikan persoalan saya, meski kemungkinan saya akan mencoba memusatkan perhatian pada persoalanmu. Tunjukkanlah bahwa saya penting dan istimewa buatmu. Jika ingin mengkritik saya, utarakanlah dengan lembut.
Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Bujukan, pujian
Pikiran: Kebebasan
Ketakutan: Menjadi tidak pantas dicintai
Hasrat: Dicintai dalam keadaan apapun
Godaan: Memanipulasi yang lain agar mendapat respon positif
Sifat buruk/nafsu: Kebanggaan (Vainglory-bangga terhadap kebaikan diri sendiri)
Sifat baik: Mementingkan kepentingan orang lain
Stress/Disintegration point: Eights (When Twos give without receiving back, they become manipulative and angry like unhealthy Eights)
Security/Integration point: Four (Helpful Twos become emotionally strong, caring, and authentic like healthy Fours)

3. Pengejar Prestasi

Energik, optimistis, percaya diri, dan berorientasi tujuan. Ingin terlihat dalam kesan yang baik, sesuai norma-norma yang disepakati masyarakat.
Keunggulan : Optimis, yakin, rajin, efisien, berinisiatif, energik, dan praktis.
Kejelekan : memperdayakan, narsistik, pamer, hampa, bersikap dibuat-buat, pendendam, dan terlalu kompetitif.
Cara bergaul dengan saya : Jangan ganggu saat saya bekerja. Berikan saya masukan yang jujur, tapi tidak terlalu mengkritik atau menghakimi. Bantu saya menjaga lingkungan saya tetap harmonis dan tenang. Jangan bebani saya dengan perasaan negatif. Katakan, kamu senang berada di dekat saya. Katakan bahwa kamu bangga pada saya atau pada prestasi saya.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Kesombongan
Pikiran: Harapan
Ketakutan: Menjadi tidak pantas
Hasrat: Menjadi bernilai
Godaan: Menyenangkan orang lain
Sifat buruk/nafsu: Menipu
Sifat baik: Jujur
Stress/Disintegration point: Nine (Burnt-out Threes start to disengage themselves from their relentless drive to success and look like unhealthy Nine)
Security/Integration point: Six (Once they recognize being on top of everything is not everything, Threes find it comfortable to commit themselves to others, like a healthy Six. The commitment to relationships also allows them to explore their emotions)

4. Romantis

Memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat dan pengertian. Memiliki kebutuhan besar untuk mengekspresikan diri dan dilihat sebagai pribadi yang orisinil (tidak meniru orang lain).
Keunggulan : hangat, berbelaskasihan, introspektif, ekspresif, kreatif, intuitif, mendukung, dan lembut.
Kejelekan : depresi, sadar-diri, dikuasai rasa bersalah, sok moralis, menarik diri, keras kepala, moody, dan tenggelam dalam pikiran sendiri.
Cara bergaul dengan saya : Sirami saya dengan puian. Itu sangat berarti buat saya. Jadilah teman atau pasangan yang mendukung. Bantu saya untuk belajar mencintai dan menghargai diri sendiri. Hargailah bakat intuisi dan visi saya yang istimewa. Meski tidak selalu ingin segera ceria ketika bersedih, terkadang saya senang jika orang membuat saya sedikit ceria. Jangan katakan bahwa saya terlalu sensitif atau bertindak berlebihan.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Sedih
Pikiran: Asli, original
Ketakutan: Menjadi sama dengan yang lain (pasaran)
Hasrat: Menjadi unik dan original
Godaan: Menyalahkan diri sendiri habis-habisan dan menarik diri
Sifat buruk/nafsu: Jealous
Sifat baik: Ketenangan hati
Stress/Disintegration point: Two (Disintegrating Fours become dissatisfied like unhealthy Twos)
Security/Integration point: One (Self-actualized Fours are idealistic and progressive like healthy Ones)

5. Pengamat

Memiliki suatu kebutuhan akan pengetahuan, dan adalah pribadi yang introvert, penuh rasa ingin tahu, analitis dan berwawasan. Mengandalkan kemampuannya sendiri dan menemukan rasa aman dalam pengetahuan.
Keunggulan : Analitis, berpendirian teguh, sensitif, bijaksana, objektif, mudah memahami, dan mandiri.
Kejelekan : Sok pintar, kikir, keras kepala, menjauhkan diri, suka mengkritik orang lain, mudah menyerah, dan sering bertentangan dengan orang lain.
Cara bergaul dengan saya : mandirilah. Jangan maunya menempel terus. Bicaralah secara langsung dan ringkas. Saya butuh waktu sendirian untuk mengatur perasaan dan pikiran saya. Ingatlah, jika saya kelihatannya jauh, tidak mau mendekatkan diri atau sombong, itu “bisa” berarti bahwa saya sedang merasa tidak nyaman. Buatlah agar saya merasa diterima, tapi jangan terlalu menggebu, jika demikian, saya mungkin meragukan ketulusanmu. Jika saya menjadi jengkel karena harus mengulang sesuatu, itu mugnkin karena saya terlalu berusaha keras mengeluarkan pikiran saya pada kesempatan pertama. Jangan mendekati saya dengan sikap yang berisik. – bantu saya menghindari hal yang tidak saya sukai : pesta besar, musik orang lain yang hingar bingar, emosi yang melelahkan, dan pelanggaran terhadap privasi saya.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Pelit
Pikiran: Omniscience
Ketakutan: Menjadi tidak berguna, pasrah, tidak sanggup
Hasrat: Menjadi cakap
Godaan: Introvert
Sifat buruk/nafsu: Serakah
Sifat baik: Mandiri, tidak terpengaruh
Stress/Disintegration point: Seven (Detached Fives suddenly become hyperactive and scattered like Sevens)
Security/Integration point: Eight (Avaricious, detached Fives become more self-confident and decisive like healthy Eights)

6. Pencemas

Bertanggung jawab, bisa dipercaya dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman dan kelompok. Kisaran kepribadian ini cukup luas, mulai dari menarik diri dan kaku hingga berani mengungkapkan pikirannya dan melawan. Berusaha membebaskan rasa takut dengan izin dan persetujuan dari tokoh yang berkuasa atau dengan memberontak terhadap kekuasaan.
Keunggulan : setia, disukai, perhatian, hangat, berbelaskasihan, cerdas, praktis, suka membantu, dan bertanggungjawab.
Kejelekan : terlalu cemas, menguasai, tidak bisa diduga, menghakimi, paranoia, defensif, kaku, merusak diri, dan mudah kesal.
Cara bergaul dengan saya : Terus teranglah dan bicara yang jelas. Dengarkan saya dengan penuh perhatian. Jangan menilai saya karena kegelisahan saya. Bekerjasamalah dengan saya. Yakinkan saya kembali bahwa diantara kita segalanya baik-baik saja. Tertawa dan meluculah bersama saya. “Dengan halus”, doronglah saya menuju pengalaman baru. Cobalah untuk tidak salah tingkah dengan kesalahtingkahan saya.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Pengecut
Pikiran: Yakin
Ketakutan: Menjadi tidak memiliki support di dunia yang kejam
Hasrat: Merasa aman
Godaan: Menanyai maksud orang-orang disekitar mereka
Sifat buruk/nafsu: Takut
Sifat baik: Berani
Stress/Disintegration point: Three (Paranoid, anxious Sixes try to win over others, like unhealthy Threes, to cover up their anxiety)
Security/Integration point: Nine (Positive-thinking Sixes become more peaceful, open and receptive like healthy Nines)

7. Petualang

Energik, penuh vitalitas, aktif dan optimis. Orang-orang bertipe ini ingin memberi sumbangsih bagi dunia. Mereka menyembunyikan emosi-emosi yang tidak menyenangkan, termasuk rasa takut.
Keunggulan : menyenangkan, spontan, imajinatif, produktif, antusias, gesit, yakin, memesona, dan selalu ingin tahu.
Kejelekan : narsistik, impulsif, tidak fokus, memberontak, tidak disiplin, posesif, maniak, merusak-diri, dan berubah-ubah.

Cara bergaul dengan saya : Berikan saya persahabatan, kasih sayang dan kebebasan. Bekerjasamalah dengan saya untuk merangsang obrolan dan canda tawa. Hargailah visi hebat saya dan dengarkan cerita saya. Jangan berusaha mengubah gaya saya. Terima saya apa adanya. Bertanggungjawablah atas dirimu sendiri. Saya tidak suka orang yang mengikuti dan bergantung pada orang lain. Jangan katakan apa yang harus saya lakukan.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Terencana
Pikiran: Kerja
Ketakutan: Bosan
Hasrat: Memiliki petualangan tentang dunia sebanyak mungkin
Godaan: Bergerak terlalu cepat
Sifat buruk/nafsu: Rakus
Sifat baik: Ketenangan hati
Stress/Disintegration point: One (When forced to stand still, Sevens become irritable and impatient like unhealthy Ones)
Security/Integration point: Five (Confident, experienced Sevens bring a sense of calm to hectic situations like healthy Fives)

8. Pejuang

Terus terang, mengandalkan diri sendiri, percaya diri dan protektif. Menunjukkan citra yang kuat dan tidak takut memperlihatkan kemarahannya.
Keunggulan : terus terang, memegang kendali, setia, energik, realistis, protektif, dan percaya diri.
Kejelekan : menguasai, memberontak, tidak sensitif, mendominasi, egosentris, skeptis, dan agresif.
Cara bergaul dengan saya : Bela dirimu sendiri … dan saya. Jadilah orang yang percaya diri, kuat dan terus terang. Jangan menggosipkan saya atau mengkhianati kepercayaan yang saya berikan. Jangan menahan diri, berbagirasalah dengan saya. Perhatikan dan akuilah sisi saya yang lembut dan rapuh. Berilah saya ruang untuk menyendiri. Akuilah sumbangsih saya, tapi jangan terlalu memuji.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Dendam
Pikiran: Kejujuran
Ketakutan: Diserang / dikontrol orang lain
Hasrat: Melindungi diri sendiri, menentukan jalan mereka
Godaan: Menjadi terlalu puas-diri
Sifat buruk/nafsu: Nafsu
Sifat baik: Kemurahan hati
Stress/Disintegration point: Five (Eights become withdrawn and isolated like unhealthy Fives in their pursuit of control)
Security/Integration point: Two (Proactive, forward-thinking Eights learn to become helpful and cooperative like healthy Twos)

9. Pendamai

Mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, dan mendukung. Pribadi semacam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya. Penurut, menyesuaikan diri, dan seringkali tak bisa mengendalikan kemarahannya.
Keunggulan : menyenangkan, tenang, murah hati, sabar, menerima, diplomatis, dan berpikiran terbuka.
Kejelekan : terasing, pelupa, keras kepala, obsesif, apatis, pasif-agresif, dan tidak asertif.
Cara bergaul dengan saya : Jika kamu ingin agar saya melakukan sesuatu, cara memintanya sangat penting bagi saya. Saya sangat tidak suka ekspektasi atau tekanan dari orang lain. Saya senang mendengarkan dan melayani, tapi jangan manfaatkan ini. Dengarkan hingga saya selesai berbicara, meski saya sedikit berbelit-belit. Berikan saya waktu untuk menyelesaikan sesuatu dan mengambil keputusan. Tidak apa-apa, jika kamu mendorong saya degan halus dan tanpa menghakimi. Berikan saya pertanyaan, hingga saya bisa memahami masalah saya. Katakanlah jika kamu menyukai penampilan saya. Saya tidak menolak pujian. Saya suka diskusi yang baik, bukan perdebatan. Beri tahu saya, bahwa kamu suka pada apa yang telah saya kerjakan atau katakan. Tertawalah bersama saya dan nikmatilah keceriaan hidup bersama saya.

Perasaan yang mendalam terhadap diri sendiri: Lambat, tidak peduli dengan diri sendiri
Pikiran: Cinta
Ketakutan: Kehilangan dan pemisahan; Pembinasaan
Hasrat: Memelihara keseimbangan diri sendiri, pikiran yang damai
Godaan: Bersama untuk maju
Sifat buruk/nafsu: Cuek/apatis
Sifat baik: Right action
Security/Integration point: Three (begin to work at developing themselves and their potential and move into greater action in the world, like healthier Threes)
Stress/Disintegration point: Six (get more anxious, suspicious, and negative like unhealthy Sixes and may exhibit more aggressiveness)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s