Bayi sakit-sakitan, pertanda mo pintar


Pada usia tertentu, bayi tampaknya mudah sakit. Orang tua tempo dulu kerap menganggap baik. Sebab, sakit tanda bayi akan bertambah pintar, benarkah itu ?Penyakit yang menimpa bayi kerap disalah artikan orang tua sebagai “tanda” si kecil akan bertambah pintar. Seperti akan bisa berguling, merangkak, duduk, bisa jalan, tumbuh gigi, bicara atau lainnya.

Berkurangnya berat badan bayi akibat sakit juga dianggap wajar. Bayi dianggap sedang “meringankan badan”. Itulah sebabnya, banyak pasangan muda yang terpengaruh pandangan lama tersebut sering mengecilkan arti penyakit si kecil.Menurut dr. Heru Sobirin Sp. A, orang tua seharusnya memberi perhatian cukup pada setiap penyakit bayi. Jangan membuat asumsi sendiri. “Seharusnya orang tua selalu waspada terhadap setiap gejala. Ini agar kita bisa mengambil langkah tepat penanganan penyakit anak”, ujar Heru.

Kenali tanda penyakit, menurut Heru sistem kekebalan tubuh bayi memang belum sempurna. Sehingga anak di bawah usia satu tahun mudah terinfeksi virus dan bakteri dari lingkungan khususnya setelah ia selesai dari program ASI eksklusif dan mulai mendapat makanan tambahan.

“Seperti kita tahu, ASI terutama colostrum banyak mengandung antibodi yang meningkatkan daya tahan tubuh. Selama bayi mendapat ASI eksklusif, kecukupan zat antibodi terjamin. Apalagi jika bayi juga mendapat imunisasi sesuai jadwalnya”.

Namun lanjut Heru, setelah pemberian ASI eksklusif selesai, pasokan antibodi akan berkurang karena bayi tidak mendapat ASI sebanyak sebelumnya. Ia mulai mendapat makanan tambahan. Hal ini membuatnya harus beradaptasi dengan makanan baru, sehingga ada kemungkinan bayi terkena gangguan pencernaan seperti diare.

Apalagi jika orangtua kurang menjaga kebersihan makanan dan alat makan. Pada tahap selanjutnya, persisnya saat bayi turun dari boks dan menjelajah rumah, merangkak, belajar berjalan dan memasukkan segala sesuatu ke mulut, kontak dengan lingkungan semakin luas.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s