Menambal Jantung Bocor


Menambal Jantung si Upik

Tangis Syifa Zulfikria mereda setelah Syawlia Basriani, sang ibu, memberikan sebotol susu. Bocah 4 tahun itu asyik meminum susu cokelat dalam botol berukuran 120 ml. Syifa tampak sehat, aktif, dan lincah. Padahal, ia mengidap ventricular septal defect (VSD) alias bilik jantung bocor sejak berusia 9 bulan.

Tak ada yang berbeda dari Syifa. Layaknya seorang balita, Syifa senang bermain. Syawlia mengizinkan anaknya bebas beraktivitas padat karena batuk, pilek, dan demam yang diderita Syifa itu sembuh.

Sejak berusia 3 bulan, ketiga penyakit itu memang sering menyerang Syifa. Tak lama sembuh, sepekan kemudian sakit lagi. Saat malam, bocah itu kerap menangis, susah tidur, dan sesak napas. Wajahnya letih dan lesu. Ia juga gampang lelah. Demam tinggi hingga 40oC juga pernah dialami siswa Taman Bermain Sekar Melati, Bekasi, itu. Bolak-balik ke dokter tidak membuat kondisi Syifa membaik.

Jantung bocorKondisi anaknya yang tak kunjung membaik mendorong Syawlia membawa Syifa ke dokter spesialis anak. Hasil diagnosis di luar dugaan. Dokter di kawasan Paseban, Jakarta Pusat, itu menyarankan untuk membawa Syifa ke spesialis jantung.

Semula Syawlia tidak percaya dengan diagnosis dokter, sehingga saran itu diabaikan begitu saja. Masa anak kecil jantungan, kata Syawlia tak percaya. Namun, 3 bulan berselang, penyakit itu tak kunjung sembuh. Selama 9 bulan, bobot tubuh Syifa tidak meningkat. Suplemen dan vitamin anak yang diasup tidak mampu meningkatkan bobot tubuhnya.

Khawatir dengan kondisi putrinya, dokter spesialis anak kembali disambangi. Berbekal surat rujukan, Syifa menjalani pemeriksaan ekokardiografi di Rumahsakit Ciptomangunkusumo, Jakarta. Hasilnya, dokter spesialis jantung anak menyatakan, ada kelainan bawaan pada jantung Syifa. Kelainan itu adalah ventricular septal defect (VSD), ada kebocoran pada bilik kiri jantung selebar 3,5 mm. Namun, karena lubang tergolong kecil, penanganannya hanya kontrol tiap bulan dan pemeriksaan ekokardiografi tiap 6 bulan.

Operasi hanya bisa dilakukan bila kebocoran 10-12 mm. Lagi pula ada kemungkinan penyakit itu sembuh sendiri seiring waktu. Dokter pun tidak memberikan obat. Hanya saja dokter menyarankan, banyak istirahat, konsumsi makanan bergizi, dan hindari perjalanan jauh.

Dicampur susuLantaran tak mau diam, bocah periang itu dibebaskan bermain. Menjelang tidur kadang-kadang, ia mengeluh lelah minta dipijat. Saat pemeriksaan kedua pada September 2004, kebocoran membesar menjadi 5 mm. Syawlia pasrah. Saya hanya bisa menunggu penyakit membaik dengan sendirinya, ujar istri Irfansyah itu.

Di antara kegalauan itu, kerabat di Bogor menawarkan spirulina. Syawlia akhirnya memberikan ganggang hijau biru itu kepada putrinya. Ia mencampur sekaleng susu 400 gram dan satu sendok teh spirulina. Sekali minum, 60 gram susu plus spirulina itu dicampur air putih jadi 120 ml susu cokelat. Sehari Syifa bisa lima kali minum.

Empat bulan mengkonsumsi spirulina mulai terlihat perbedaan. Bobot badan mulai meningkat 0,5-1 kg per bulan. Batuk dan pilek pun menjauh. Syifa terlihat lebih segar dan sehat. Kebahagiaan Syawlia bertambah ketika hasil pemeriksaan ekokardiografi ketiga: lubang dinyatakan mengecil menjadi 4 mm.

Tidak biruVSD merupakan penyakit jantung bawaan. Penyakit itu ditandai kebocoran pada ventrikel atau bilik. Ada lubang antara ventrikel kanan dan ventrikel kiri sehingga mengganggu aliran darah. Pada kasus VSD, aliran darah mengalir langsung dari ventrikel kanan ke ventrikel kiri karena ada lubang antara ventrikel. Imbasnya, tekanan darah meninggi pada saluran menuju paru-paru. Paling parah akan menyebabkan gagal jantung, kata Prof dr Harmani Kalim MPH, SpJP(K), spesialis jantung RS Harapan Kita, Slipi, Jakarta Barat.

VSD bisa dideteksi dari bunyi detak jantung yang tidak normal. Ada tambahan bunyi detak jantung. Bunyi jantung bising, kata dokter kelahiran Solo, 64 tahun silam itu. VSD tidak menimbulkan gejala biru pada bagian tubuh tertentu atau dikenal dengan istilah nonsianotik. Karena darah kotor dari bilik kanan tidak beredar ke seluruh tubuh, tetapi menuju paru-paru.

Hingga saat ini penyebab VSD belum diketahui. Menurut guru besar kardiologi Universitas Indonesia itu, kelainan bisa dipengaruhi obat, jamu, dan infeksi virus. Namun, penyebabnya tetap tidak bisa diketahui secara pasti. Yang pasti kelainan itu terjadi saat pembentukan jantung dan pembuluh darah, pada usia kehamilan 3 bulan pertama. Penyakit bisa dideteksi pada masa fetus alias janin dengan melakukan ekokardiografi. Idealnya pada usia kehamilan 16 minggu saat jantung telah terbentuk sempurna. Walau tak bisa dicegah, VSD perlu diwaspadai sejak dini agar si kecil tumbuh sehat.

Kelainan pada jantung itu berefek pada gangguan pertumbuhan dan kesehatan. Misalnya, bobot badan tidak meningkat sesuai usia, pilek, demam, batuk, dan rentan terkena infeksi paru. Anak lesu dan mudah lelah. Pemeriksaan itu antara lain EKG (elektrokardiogram), foto rontgen, dan ekokardiografi.

VSD pada anak dengan kebocoran tidak terlalu besar bisa menutup sendiri seiring bertambahnya usia. Penanganan lainnya tergantung tingkat keparahan. Salah satunya dengan intervensi nonbedah-tanpa bedah jantung terbuka-menggunakan Amplatzer Ventricular Septal Occluder untuk menutup kebocoran ventrikel.

Ketahanan tubuhMudah lelah, sulit menyusui karena sesak napas, batuk, berat badan tidak meningkat, dan demam merupakan gejala umum VSD. Gangguan pertumbuhan dan kesehatan itu menggerogoti ketahanan tubuh penderita VSD bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat sakit, tubuh juga rentan terhadap serangan penyakit lain. Spirulina membantu meningkatkan stamina penderita, ujar dr Suhenry Sastranegara. Menurut dokter yang praktek di Apotik Intan Farma, Daanmogot, Jakarta Barat, itu, kandungan nutrisi lengkap dalam spirulina secara sinergis meningkatkan ketahanan tubuh penderita dari gangguan penyakit lain. Berbagai produk seperti Spirumate, Spirutrend, Spirulina Pasifica, dan spirulina budidaya peneliti LIPI, Prof I Nyoman Kabinawa, dapat dijadikan pilihan.

Spirulina mengandung asam aspartat, glisin dan vitamin B kompleks yang membantu sintesis energi. Asam aspartat, misalnya, berfungsi meningkatkan stamina dan mengatasi kelelahan.Riset Hayashi pada 1994 membuktikan, spirulina mampu meningkatkan produksi antibodi. Seperti dikutip Journal of Nutrition Science and Vitaminology, spirulina meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang fungsi makrofag, fagositosis, dan produksi interleukin-1 (IL-1). Menurut Baojiang yang meneliti efek polisakarida pada spirulina bagi kekebalan tubuh, dosis spirulina 150-300 mg per kg bobot badan meningkatkan persentase fagosit dan indeks fagosititas makrofag abdominal serta persentase T limfosit.

Walaupun mengecilnya lubang kebocoran disebabkan hal yang belum diketahui secara pasti, dengan spirulina Syifa tidak lagi gampang lelah, batuk dan demam. Ia kini sehat walafiat. (Kiki Rizkika)

Arisan Xenia

Jika anda berminat untuk mengikuti program ini silahkan kunjungi Arisan Xenia

33 Comments

  1. mba, anak saya persis seperti anak mba, saya minta alamat tempat obat iitu mba (spirulina), tolong ya mba…
    ini no saya yg bisa hubungi 081385972119

    • coba tlp ke 08179920505, atau ke pak Odi, Perumahan Pondok Cabe Indah Blok H (dekat Universitas Terbuka) Pondok Cabe , hp flexy : 021-710.38.796, bisa juga di Depan PIM (Pondok Indah Mall) Jakarta Selatan, Senin-Jumat pk.9.30-17.00, Sabtu s/d pk.13.00
      Ph: 0811849247 (Sridwi). moga bisa membantu
      (Maaf mba, saya sampai sekarang masih laki2 asli….jgn panggil mba yaaa)

  2. Salaam saya ingin tanya adakah obat untuk mengobati pengapuran pada tulang dan mengatasi osteoporosis mohon jawabannya

    terima kasih

    • Jika memang masalahnya di Osteoporosis, saya merekomendasikan Produk Nutrisi alami yang bersifat menyembuhkan seperti :
      1. Nutrient High Calcium Powder (Membantu masalah persendian akibat peradangan sendi, memar, keseleo, pengapuran dan mencukupi kebutuhan kalsium tubuh)

      Sumber:
      Buku Nutrisi

  3. sekitar 1 tahun terakhir ini adik saya umur 22 tahun sering mengeluh sakit pada leher, akhirnya kami bawa ke dokter saraf setelah di periksa di dokter saraf ada ketengangan di otot lehernya, selang beberapa minggu terjadi serangan pada jantungnya, lalu di rujuk ke dokter jantung, dari dokter jantung setelah di lakukan pemeriksanaan intensif baru diketahui bahwa adik saya menderita JANTUNG BOCOR, yang saya tanyakan kenapa baru setelah umur 22 tahun baru ketahuan kalo adik saya sakit jantung bocor, apa penyebabnya, dan adakah obat tradisional yg bisa membantunya.
    saya minta saran dan solusinya bila ada yang bisa membantu kami ucapkan terimakasih,

    • Saya ikut prihatin dengan keadaan adik Mbak Yessi. Coba aja dengan spirulina, Mungkin bisa sedikit membantu & mudah-mudahan adiknya makin membaik.

  4. sy btr bc,tulisan mas ttg jtg bocor,anak sy jg punya vsd didiagnosa mulai umr 7bln.skrg dah 4thn.tlg mas spirulina itu bs ddpatkan dmn?sy dmlg.apa spirulina dr tiansi jg sama.tlg tlg sy d 081233014011 mas.tx

    • coba aja kunjungi web http://goldgamat.net
      atau hubungi Luluk Purwandi 081388388823, beliau sebagai agen goldgamat di kota malang

  5. salam… Anak saya umur 5 1/2 thn. Sejak umur 3 1/2 thn anak saya sering flu & batuk kemudian disusul sesak nafas. sebentar sembuh kemudian sakit lg. Setiap udara dingin & kecapen dia pasti batuk lalu sesak. Kt dr paru anak saya terkena asma tp ada dr anak yg blng anak saya mengidap jantung bocor. Saya bingung mana yg benar. Mau tes saya takut kalau anak saya harus operasi, saya gak tega….. apa yg hrs saya lakukan…. Sy udah pesan gamat sejak 4 hr yg lalu tp tidak dtg jg. Dimana saya bs dpt gamat & spirulina dgn cepat ya…….

    • Coba saja Ibu kunjungi dulu website yg di bawah http://goldgamat.net, terus cari cabang yg terdekat ke lokasi ibu, tp konfirmasi dulu barang ada gha nya, kemungkinan barang belum di pegang agen, jd pengiriman rada telat.
      Kalau saran saya sih alangkah baiknya di tes dulu benar gha penyakitnya, klw sudah pasti penyakitnya baru dicari solusi terbaiknya untuk kesembuhan anak, apakah dengan herbal, berobat alternatif, atau dgn anjuran dokter. klw msalah takut itu jangankan sakit berat bu, anak sakit panas aja kita sbg orang tua sangat ketakutan.
      Atau ibu coba dengan obat PROPOLIS, soalnya klw Mag saya lagi kambuh, saya slalu minum propolis & alhamdulillah cepat sembuh, coba ibu pelajari khasiatnya dulu dari propolis tsb, mudah2an bisa jadi solusi. Untuk info agen ibu bisa kunjungi website http://meliapropolis.net.
      Jangan pesan ke saya ya bu, saya cuman berbagi info aja & tidak jualan hehehe….
      Saya cuman bisa ngasih solusi & do’a mudah2an anaknya cepat sembuh, Adzhibil ba’saa robbunaa isfi (anak ibu Hilda Syarifah) antasii safiila sifaa’a illa sifaa’uka sifaa’an laa yughoodiruu saqomaan

  6. Salam…mas saya mau tanya…ibu saya sekarang sedang dirumah sakit..diagnosa terakhir katanya jantung bocor..umur ibu 60 thn…Ibu saya tidak suka minuman yang baunya aneh-aneh..kalau boleh tahu sprinula rasa ama baunya kayak apa ya? apa tawar atau pahit?

  7. aslm mas anak saya menderita penyakit jatung bocor tapi kt dokter jantung bocor PDA apakah bisa disembuhkan dengan spirulina sekarang saya sudah memberikan anak saya jeli gamat dan maspir( madu + spirulina) apakah sama maspir dengan spirulina mksh atas jawabannya mas

    • Obat yang ibu berikan sepertinya udh benar, kandungan & khasiatnya sama saja bu.
      Cuman kalau berobat dengan cara herbal itu perlu kesabaran. Insya Allah mungkin dalam 2 (dua) bulan juga sudah terlihat perubahan pada anak ibu.
      Kalau ingin mengobati sakit jantung anak tanpa operasi dapat dilakukan di RSCM, RS Siloam Gleneagles Karawaci atau di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Katanya sih proses pengobatannya hanya 1 hari.
      Kita do’akan mudah2an anaknya cepat sembuh & keluarga diberi kesabaran & ketabahan.

  8. saya dari manado – Sulawesi Utara,
    anak saya saat ini 9 thn, jantungnya bocor, mohon info bagi yang udah mencoba Spiriluna, info ke saya belinya di mana???? 08524046800

  9. saya dari manado – Sulawesi Utara,
    anak saya saat ini 9 thn, jantungnya bocor, mohon info bagi yang udah mencoba Spiriluna, info ke saya belinya di mana???? 085240467800

  10. Hello! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
    I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on.

    Any tips?

  11. Your style is very unique in comparison to other folks I’ve read stuff from.
    Many thanks for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this web site.

  12. As Fifa’s six technical-inspection delegates well prepared to stroll out on to
    the pitch from the players’ tunnel, Wembley’s steepling stands have been empty.
    But the Tannoy announcer did every thing he could to drum up enthusiasm.

    “Females and gentlemen,” he mentioned over the backdrop of Fifa’s anthem.
    “Harold! Mayne! Nicholls!”

    The marketing campaign achieved thousands and thousands of individuals
    all around the world in the run up to the match and throughout the finals.
    It commenced in September 2009 with The FIFA World Cup Trophy Tour.

    The Trophy Tour visited ninety four metropolitan areas
    in 84 countries which includes 50 nations around the world
    throughout the African continent. Practically one
    million fans experienced memento photographs taken with the trophy in the greatest
    experiential marketing tour ever carried out by Coca-Cola.

    The formal anthem of the previous World Cup in 2010 in South Africa, “Waka Waka (This Time for Africa)”
    by Colombian singer Shakira, grew to become a global hit. (Reporting
    By Julia Fioretti Enhancing by Gareth Jones )

  13. Hi, I do believe this is an excellent web site.
    I stumbledupon it😉 I may come back once again since I
    book marked it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help others.

  14. Saya kira di tambal kaya tambal ban gitu, hehe

    • Hehe.. sekalian aja ganti jantungnya yang model tubless

  15. certainly like your web site however you have to test the spelling on several of your posts.
    Several of them are rife with spelling problems and I to find it
    very troublesome to tell the truth then again I’ll surely come again again.

  16. I enjoy, result in I found exactly what I used to be having a look for.

    You’ve ended my four day long hunt! God Bless you man. Have a nice day.

    Bye

  17. This is a good tip particularly to those fresh to the blogosphere.
    Brief but very precise info… Many thanks for sharing this one.
    A must read article!

  18. Hi there excellent blog! Does running a blog such as this require a massive amount work?
    I have absolutely no understanding of computer programming but I was hoping to start my
    own blog in the near future. Anyways, should you have any recommendations or tips for new blog owners
    please share. I understand this is off subject however I just wanted to ask.
    Thanks!

  19. Hi there to all, how is everything, I think every one is getting more from this website,
    and your views are nice in favor of new visitors.

  20. Hi there all, here every one is sharing these kinds
    of familiarity, thus it’s nice to read this web site,
    and I used to go to see this blog every day.

  21. Hey I know this is off topic but I was wondering
    if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some
    time and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I
    look forward to your new updates.

  22. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not
    seeing very good success. If you know of any please share.
    Kudos!

  23. I pay a visit every day a few web sites and sites to read articles or reviews, but this webpage offers quality based articles.

  24. Wir suchen neue, attraktive Frauen, die Spaß am erotischen Work haben, gerne
    Menschenkontakt haben und offen für neues.

  25. 154 m to reveal the free encyclopedia of Chrome.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s